FOOD ESTATE DI KALIMANTAN TENGAH

Saya merasa sangat tersanjung diajak mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau lokasi bakal daerah yang akan menjadi sumber ketahanan pangan nasional yang Beliau sebut sebagai Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau Kalimantan Tengah.


Selaku Anggota Komisi V DPR RI, Saya sangat konsen melihat kesungguhan Kementerian PUPR menyediakan infrastruktur pendukung pertanian, khususnya infrastruktur perairan di daerah ini. Tanpa perairan yang baik, mustahil pertanian kita akan menghasilkan. Bahkan, seluruh komponen pertanian berupa bibit, pupuk, alsintan dan lain-lain menjadi nihil tanpa adanya air.

Sudut pandang itupula yang menjadi konsen Pak Jokowi. Beliau memantau betul saluran irigasi yang saat ini direnovasi dan akan dibuat oleh Kementerian PUPR. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjamin dalam 2 tahun seluruh infrastruktur perairan akan selesai dikerjakan.

Pada tahap awal di tahun ini, Pemerintah akan konsen menggarap 30.000 ha lahan di 2 kabupaten ini. Di lahan itu, mekanisasi dan modernisasi pertanian menjadi arahan Presiden di hadapan Para Menteri dan Saya, kemarin. Setelahnya, Pemerintah akan garap 149.000 ha lainnya.

Saya juga menyampaikan, pentingnya menggarap infrastruktur bagi konektivitas logistik hasil pertanian di Food Estate ini, baik melalui laut, maupun darat, khususnya dari Kalteng ke Kaltim sebagai Ibukota Negara Baru kelak.

Bersama Rombongan Presiden, selain Saya, hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Syahrul YL, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Kalteng Sugianto S, Bupati Kapuas dan Pulang Pisau.

Sebagai Putra Asli Kalimantan dan Wakil Rakyat di DPR RI, Saya merasa bangga akan ini semua. Semoga lancar dan berhasil sesuai harapan kita semua. Merdeka!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.