Menuju Pilkada Kalsel 2024, Siapa yang Pantas?

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat ini sejumlah nama yang bakal maju bertarung pada Pilkada Gubernur Kalsel 2024 sudah bermunculan.

Tentunya mereka yang bakal melangkah di Pemilihan Gubernur Kalsel 2024 mendatang bukan orang sembarangan.

Di antaranya, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar yang merupakan Ketua DPW PKB Kalsel, anggota DPRD HM Rosehan Noor Bachri, angggota DPR RI Pangeran Khairul, Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin yang merupakan Ketua DPW PAN Kalsel, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, termasuk Mardani H Maming yang sekarang menjabat sebagai ketua DPR PDIP Kalsel.

Bukan itu saja, politikus anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, anggota DPR RI Hasnuryadi Sulaiman, Walo Kota Banjarbaru Aditya MUfti Ariffin (Ovie), mantan anggota DPR RI dr Sulaiman Umar pun juga disebut-sebut berpeluang maju.

Walau masih lama, gerakan politik untuk mengganti kedudukan Sahbirin Noor yang menuju dua periode menjabat sebagai Gubernur Kalsel nampak mengemuka di publik.

Jika benar sejumlah tokoh Kalsel itu siap berlaga di Pilkada 2024, peta politik demokrasi di Banua pun semakin berwarna.

Apalagi tidak bakal ada kekuatan incumbent pada laga kali ini.

Membaca peta politik yang sudah berlalu, H Muhidin punya kans besar maju. Selain sekarang menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalsel, Ketua DPW PAN Kalsel ini punya kekuatan mumpuni saat Pilkada 2015.

Ketika menggandeng Farid Hasan Aman sebagai calon Wakil Gubernur Kalsel, Muhidin nyaris saja keluar sebagai pemenang mengalahkan kekuatan Sahbirin Noor-Rudy Resnawan.

Tak sekadar itu, kemungkinan kehadiran Ibnu Sina di peta politik Kalsel juga memberi warna tersendiri. Selain menjalani 2 periode sebagai kepala daerah di Banjarmasin, tentunya Ibnu Sina juga sudah menyusun strategi untuk memenangkan Pilkada 2024.

Sisi lain, keberadaan Mardani H Maming tak bisa dipandang sebelah mata. Selain sebagai ketua partai besar di Kalsel, tokoh muda yang satu ini juga punya power di pusat.

Selain sebagai Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani juga memegang jabatan berperanguh sebagai Bendahara Umum PBNU.

Tentunya, PDIP, HIPMI, dan PBNU, tak bakal tinggal diam jika benar Mardani H Maming memantapkan diri maju sebagai Gubernur Kalsel 2024 mendatang.

Masyarakat kini tengah menanti siapa-siapa yang membulatkan tekad untuk berlaga di 2024.

Sumber: https://apahabar.com/2022/03/menuju-pilkada-kalsel-2024-siapa-yang-pantas/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.