PANJA EVALUASI DAN PENGUKURAN ULANG HGU, HGB DAN HPL

@bang.haji.rifqi. PANJA EVALUASI DAN PENGUKURAN ULANG HGU, HGB DAN HPL

Panitia Kerja (Panja) Evaluasi dan Pengukuran Ulang Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB) dan Hak Penggunaan Lain (HPL) Komisi II @dpr_ri melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Riau.

Kami menemukan sejumlah masalah diantaranya, hampir 2 juta ha kawasan hutan menjadi kebun di Provinsi ini. Hal ini jelas dilarang dalam UU Kehutanan dan UUPA kita. Adapula penggunaan luasan HGU berlipat ganda dari luasan yang legal, adanya tanah terlantar yang belum dikelola maksimal oleh negara, termasuk tentu konflik masyarakat, baik individu maupun masyarakat adat dengan korporasi pemegang Hak dengan jumlah puluhan bahkan hampir ratusan ribu ha di sana.

Karenanya dalam rapat kemarin, Panja memanggil sejumlah Perusahaan, baik BUMN/D maupun swasta. Kami bersama Kementerian ATR/BPN, Gubernur Riau, Kapolda, Kajati, Danrem dan sejumlah stakeholders terkait membicarakan berbagai fakta dan data terkait ini sebagai bagian dari Kajian Panja.

Panja juga menerima aspirasi masyarakat, serta “penyelidikan” terhadap berbagai fakta yang ada, agar hasil kerja Panja maksimal. Mohon doanya selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.