PDIP Akan Tanyakan Jokowi soal Klaim Restui Penundaan Pemilu 2024

Jakarta, CNN Indonesia — Politikus PDIP Rifqinizami Karsayuda menyatakan partainya akan mempertanyakan kepada Presiden Joko Widodo soal restu usulan tunda Pemilu 2024.

Pernyataan Rifqi merespons kabar pertemuan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu membahas wacana tersebut.

PAN yang diminta Luhut agar mendukung usulan penundaan pemilu, memastikan bahwa Jokowi telah merestui usulan tersebut.

“PDI Perjuangan sekali lagi memiliki mekanisme internal untuk meng-cross check dengan Presiden Jokowi yang merupakan kader PDI Perjuangan,” kata Rifqi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (2/3).

Soal kabar restu Jokowi, anggota Komisi II DPR itu mengaku tak ingin partainya dibenturkan dengan Presiden yang merupakan kader partai. Terlebih kata dia, PDIP telah menyatakan sikap tegas terkait usulan tersebut.

Sejak awal, kata Rifqi, PDIP menolak usulan penundaan Pemilu 2024. Sebab, hal itu bertentangan dengan konstitusi UUD 1945.

Di sisi lain, dia juga belum dapat memastikan kebenaran pertemuan dan klaim restu Jokowi atas usulan tersebut. Dia pun enggan bicara lebih jauh soal apakah partainya mendapat undangan serupa dari Menko Luhut membahas isu serupa.

“Sikap PDIP, tidak ingin dibenturkan dengan Presiden Jokowi yang notabene adalah kader PDIP itu sendiri,” kata Rifqi.

Sumber CNNIndonesia.com menyebut bahwa Zulkifli Hasan sempat menggelar pertemuan di kediaman pribadinya di kompleks Widya Chandra, Jakarta pada 13 Februari lalu. Dalam pertemuan itu ia membahas hasil pertemuannya dengan Luhut.

Kepada Zulhas, Luhut meminta PAN untuk mendukung usulan penundaan Pemilu 2024 dan dukungan itu harus disampaikan ke publik oleh ketua umum dalam Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pemilu PAN yang digelar 15 Februari lalu. Luhut mengklaim Presiden Jokowi sudah setuju.

Partai koalisi hingga kini masih berbeda sikap soal usulan Pemilu. Dari tujuh partai, baru PKB, PAN, dan Golkar yang menyatakan dukungan. Lalu, tiga partai lainnya PDIP, Nasdem, Gerindra menolak. Hanya PPP yang belum menyatakan sikap.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220302151315-32-765963/pdip-akan-tanyakan-jokowi-soal-klaim-restui-penundaan-pemilu-2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.