Siring RK Ilir & Dermaga Pasar Lima, Perkuat Konsep Banjarmasin ‘Water Front City’

Banjarmasin, DUTA TV — Anggota DPR RI m. Rifqinizamy Kasayuda, berkesempatan meninjau langsung progres pengerjaan proyek dari dua kementrian PUPR dan kementrian Perhubungam, Selasa petang kemaren(01/06/2021).

Lokasi pertama berada di kawasan Teluk Kelayan Banjarmasin, yang menjadi proyek penataan kawasan kotaku atau kota tanpa kumuh, dari program dirjen cipta karya di awal semester pertama 2021, pembenahan walking area yakni siring pinggiran sungai, sudah tersambung dengan siring menuju jembatan RK Ilir, serta nampak penataan kawasan RTH.

Lokasi siring sekaligus walking area disini juga tentu akan mempercantik pinggiran Sungai Martapura, sebagai konsep Banjarmasin jadi water front city.

Lokasi tepat diseberang Teluk Kelayan, juga terus digenjot proyek pembangunan Dermaga Pasar Lima yang dikerjakan kementrian perhubungan melalui balai pengelola transportasi darat BPTD wilayah XV (15), untuk mempermudah akses bongkar muat dipusat perekonomian salah satu pasar tertua di Banjarmasin.

Rifqi yang juga politisi PDI perjuangan mengatakan, ditarget Oktober nanti akan rampung, diharapkan kedepan dapat lagi dilanjutkan untuk proyek segment selanjutnya, sehingga dermaga sekaligus siring dapat tersambung ke kawasan Pasar Baru.

“Saya sudah melihat tadi, kontrak selesai Oktober, ini 80% ditermin terakhir yang dilakukan komtraktor, kita apresiasi, juga jadi catatan untuk pengusulan segmen selanjutnya, ada setidaknya 3 segmen lagi, sampai terhubung ke pasar baru, ini jadi PR bersama. Megahnya dermaga juga diikuti dengan penataan kawasan ekonomi sudimampir lama ini,” kata HM. Rifqinizamy Karsayuda

“Sampai ini sudah 80%, bulan Juli selesai dari target Oktober, alhamdulillah karena progres lebih cepat, bisa selesai lebih cepat, ini ada 2 segmen sekitar 80 meter, mudahan 3 segment lagi dikucurkan, harusnya tahun ini selesai, namun pemerintah refokusing Covid-19,” ucap Ade Supriadi Kasi LLAJ BPTD XV

Harapannya setelah rampung seluruhnya Banjarmasin memiliki jalan terpanjang dipinggir sungai, selain memperindah kota, tentu akan menjadi destinasi wisata kota sungai terindah di Indonesia.

Reporter : Fadli Rizki & Zein Pahlevi

Sumber: https://dutatv.com/siring-rk-ilir-dermaga-pasar-lima-perkuat-konsep-banjarmasin-water-front-city/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.