Tiga BRT Baru, Bakal Layani Rute Bandara Internasional Syamsudin Noor

BANJARBARU – Resmi beroperasi pada Selasa (10/12), terminal bandara internasional Syamsudin Noor sudah didatangi calon penumpang sejak sebelum subuh. Mengingat penerbangan perdana Lion Air JT311 tujuan Surabaya, sudah terjadwal pada pukul 06.00 WITA. Para calon penumpang, ada yang datang menggunakan kendaraan sendiri, diantar keluarga, dan bahkan juga bus khusus yang disiapkan pihak pengelola bandara, bagi calon penumpang dari bandara lama, yang belum tahu soal operasional bandara baru. Ada pula yang datang menggunakan taksi bandara, ojek online hingga angkutan umum jurusan Landasan Ulin yang sengaja disewa untuk mengantar ke bandara baru. Kedepannya, juga akan disediakan Bus Rapid Transit (BRT), khusus dengan rute menuju bandara internasional ini.

“Dalam waktu dekat, kami siapkan 3 unit BRT untuk melayani rute menuju bandara. Calon penumpang dapat mengaksesnya dari terminal kilometer 17 Gambut, menuju bandara Syamsudin Noor yang baru. Tarifnya sementara masih sama, 5 ribu rupiah sesuai pergub. Hanya saja, kita masih belum dapat memastikan kapan mulai beroperasinya, karena masih mengurus izin BRT baru ini. Kita harapkan secepatnya,” ujar sekretaris dinas perhubungan Kalimantan Selatan Mirhansyah kepada wartawan, usai mengikuti rombongan anggota komisi V DPR RI melakukan peninjauan operasional perdana bandara pada Selasa (10/12).

Menurut Mirhansyah, BRT yang digunakan adalah unit baru yang dihibahkan kementrian perhubungan pada Desember ini. Total jumlah yang dihibahkan sebanyak 5 unit BRT di penghujung tahun ini.
“Selain mengurus perizinan BRT baru, kita juga masih menyiapkan titip penjemputan penumpang di bandara. Sehingga memudahkan mereka mengakses angkutan umum ini,’ tutupnya.

Penyerahan BRT, hibah dari kementrian perhubungan ini, dilakukan secara simbolis pada Selasa (10/12) dengan dioperasionalkan menuju bandara. Operasional perdana BRT baru ini, adalah mengangkut rombongan anggota komisi V DPR RI Rifky Nizami Karsayudha, wakil walikota Banjarbaru Darmawan Jaya dan sejumlah pejabat lainnya, dari salah satu hotel di kawasan Landasan Ulin Banjarbaru, menuju terminal baru bandara Syamsudin Noor pada Selasa (10/12). (RIW/RDM/MTB)

Sumber: http://abdipersadafm.co.id/2019/12/10/tiga-brt-baru-bakal-layani-rute-bandara-internasional-syamsudin-noor/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.