A.M.FACHIR Putra Asli Banua Kalsel.

@bang.rifqi.mrk A.M.FACHIR

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI 2014-2019. Saat ini menjadi Komisaris PT.Freeport Indonesia. Beliau adalah Diplomat Senior, memulai karir di Deplu RI dari bawah hingga menjadi Eselon I. Pernah menjadi Dubes RI di Kairo, Mesir dan Riyadh, Saudi Arabia.

Bang Fachir, Saya memanggil Beliau, adalah Putra Asli Banua Kalsel. Merantau sejak tamat SD ke Jawa, mondok di Ponpes Modern Darussalaam Gontor. Kuliah Jurusan Sastra Arab di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Meraih Doktor di UGM.

Kami selalu antusias dalam berdiskusi. Ada beberapa kesamaan kami dengan banyak sekali perbedaan, terutama pengalaman dan jelajah jabatan yang Beliau ampu. Kami sama-sama pernah nyantri, meninggalkan Banua ke Jawa sejak Belia. Kami juga sama-sama aktivis HMI.

Kemarin sore, di sebuah resto yang nyaman di daerah Jakarta Selatan, Saya dapat ngobrol panjang dengan Beliau. Kami bicara soal kepemimpinan nasional dan Kalsel 2024. Memposisikan Indonesia dan Banua dalam kancah lokal, global dan Internasional.

Jejaring Internasional yang Beliau miliki adalah harta yang amat berharga bagi Bangsa ini, terutama Banua kita. Banua bangga memiliki Bang Fachir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.