Anggota DPR RI Rifqinizamy Karsayuda lakukan kunjungan kerja ke Batola

suara banua news – BATOLA, Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rifqinizamy Karsayuda melakukan kunjungan kerja ke Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Kamis (26/11/2020) siang.

LEGISLATOR asal Dapil Kalsel I itu didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Muhammad Nurdin.

Dalam kunjungan itu, Rifqi menilai sangat banyak potensi desa transmigrasi yang bisa dikembangkan.

Pertama mengenai produk jeruk dengan berbagai varian. Bahkan ada produk es krim yang bahan bakunya dari jeruk.

“Kita ketahui jeruk ini multifungsi. Di saat pandemi Covid-19 ini, mungkin terdapat disenfektan dari bahan baku jeruk,” ucap Rifqinizamy Karsayuda

Selain itu, Rifqi mengatakan kawasan ini sudah lama dikenal sebagai peternakan dan pengembangbiakan sapi.

“Saya kira ini juga penting, karena antusiasme berkurban di Kalsel sangat tinggi saat Idul Adha,” katanya.

Rifqi menargetkan akan memiliki swasembada daging ketika ibu kota negara (IKN) pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim).

“Estimasi kita kurang lebih 3 juta orang akan pindah ke Kaltim. Ini tentu akan mempengaruhi stok pangan di Kaltim. Itu akan disuplai daerah terdekat. Batola harus mengambil peran tersebut ke depan. Karena sejak dulu Batola sebagai penghasil pangan dan produk pertanian unggul di Kalsel,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta seluruh elemen masyarakat di Kalsel untuk bahu membahu membantu kawasan transmigrasi tersebut.

Salah satunya melalui reset mendalam terkait produk unggulan desa transmigrasi oleh kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

“Kami Komisi V DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia akan mengalokasikan anggaran untuk mensupport berbagai pengembangan usaha yang ada di desa transmigrasi,” pungkasnya.***
ahim sbn

Sumber: http://suarabanuanews.com/2020/11/26/anggota-dpr-ri-rifqinizamy-karsayuda-lakukan-kunjungan-kerja-ke-batola/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.