Embung Kampung Banjar diterget Rampung Akhir Tahun

Banjarbaru, DUTA TV — Wakil menteri PUPR Republik Indonesia John Wempi Wetipo meninjau langsung progres proyek pembangunan embung kampung Banjar, kota Banjarbaru, Rabu siang (21/10).

Peninjauan langsung proyek yang di target akan rampung tahun ini, menjadi atensi dari kementrian PUPR untuk wilayah Kalimantan Selatan dan bagi embung kampung Banjar ini pusat menggelontorkan anggaran hampir Rp 15 milyar.

Penjabat Sekretaris daerah provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, selain digadang menjadi potensi pariwisata, embung juga difungsikan sebagai Tadah air untuk mengendalikan banjir, serta menahan volume air hujan agar tak menimpa pemukiman dan sekaligus menjadi cadangan air baku dimusim kemarau.

“Target selesai akhir tahun, arahan pak Wamen untuk penataan kawasannya segera dialokasikan tahun depan menggunakan dana-dana sisa lelang, sehingga kawasannya pun bisa ditata dan menjadi spot wisata, dan spot foto warga Kalsel,” ujarnya.

Agenda lawatan wakil menteri pupr RI  ke Bajua ini juga sekaligus agenda pendampingan reses anggota DPR RI dapil Kalsel M. Rifqinizami Karsayuda dan meninjau sejumlah protek pengerjaan fisik pembangunan yang bersumber dari dana APBN, diantaranya wacana penataan dan pembenahan kawasan Sekumpul yang akan dimulai pada 2021.

“Sekumpul pembenahan kawasan, tahun depan mulai kerja pintu gerbang, desaign karakter Madinah Banjar, 2021 InsyaAllah mulai terlihat,” tutur Rifqinizami.

“Kunjungan saya hari ini diutus bapak menteri PUPR, untuk memastikan infrastruktur apa yang bisa dikerjakan di Kalimantan Selatan, dan meminta masukan dan diskusi para kepala daerah apa yg bisa dikerjakan,” kata Jhon Wempi Wetipo.

Wamen John Wempi Wetipo di Banjarmasin juga langsung meninjau proyek penggantian Jembatan Alalak, yang bersumber dari dana pusat senilai ratusan juta rupiah dan akan ditarget tuntas pada Maret 2021 mendatang.

Reporter : Fadli Rizki

Sumber: https://dutatv.com/embung-kampung-banjar-diterget-rampung-akhir-tahun/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.