Kemendes PDTT dan Pemkab Batola Teken MOU

TERAS7.COM – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola), baru-baru ini, melaksanakan penandatangan kesepakan bersama MoU (Memorandum of Understanding) di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Transmigrasi, Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak.

Sekretaris Kemendes PDTT Anwar Sanusi dan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS bertindak sebagai pejabat yang melaksanakan penandatanganan MuO.

Adapun penandatanganan MoU dilaksanakan dalam upaya Pembangunan Desa Percontohan oleh Kemendes PDTT di kabupaten yang memiliki julukan Bumi Ije Jela ini.

Penandatanganan MuO dilaksanakan di hadapan anggota Komisi V DPR-RI Rifky Karsa Huda, Pj Sekdakab Batola H Abdul Manaf, SKPD terkait dari Provinsi Kalsel maupun Batola.

“Dengan adanya kesepahaman bersama ini maka keduabelah pihak memiliki tanggungjawab sesuai tugas dan fungsi dalam upaya pembangunan desa percontohan nantinya,” tutur Sekretaris Kemendes PDTT, Anwar Sanusi.

Dia menjelaskan, program Pembangunan Desa Percontohan di Batola akan melibatkan berbagai pihak di antaranya Pemkab Batola dan DPR. Sementara tema desa percontohan yang akan diusung terkait wisata yang dinilai cepat dalam memberikan dampak pertumbuhan ekonomi.

“Dengan adanya desa wisata maka akan terbentuk lapangan pekerjaan dan bisnis kreatif lainnya,” ucap Sanusi.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR-RI M Rifqinizamy Karsayuda memberi saran dalam pembangunan desa percontohan agar mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yang berbasis keagamaan seperti Masjid dan lainnya.

“Bumdes dan Masjid yang ada di desa-desa diharapkan dapat bersinergi sehingga dapat memakmurkan Masjid serta masyarakat setempat,” timpalnya.

Jika program Pembangunan Desa Percontohan ini berhasil di Batola, tambah Rifqi, maka akan dilanjutkan di kabupaten lain.

“Harapannya akan tercipta Bumdes Incorporate yang berbasis umat,” ucapnya.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS sangat menyambut positif adanya rencana Pembangunan Desa Percontohan di daerahnya. Menurut Bupati, momentum ini sangat tepat dalam menyamakan pandangan serta upaya mensinergikan dukungan sesuai kewenangan.

“Melalui kesepamahan ini sangat diharapkan peran aktif semua pihak yang terlibat langsung nantinya,” imbaunya.

Bupati menyebutkan, Pembangunan Desa Percontohan ini akan dilaksanakan di Kecamatan Anjir Pasar, yang telah ditetapkan sebagai pusat kegiatan lokal promosi dengan fungsi pengembangan hasil pertanian.

Sumber: https://www.teras7.com/2020/03/12/kemendes-pdtt-dan-pemkab-batola-teken-muo/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.