Rifqinizamy Karyasuda Imbau Pemerintah Perketat Arus Masuk-Keluar Indonesia

Anggota Komisi V DPR RI Rifqinizamy Karsayuda mengimbau Pemerintah Pusat agar seluruh arus masuk dan keluar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan domain dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bisa dijaga dengan lebih ketat. Adapun, penjagaan ketat tersebut diberlakukan bukan hanya berkaitan dengan Warga Negara Asing (WNA), namun juga Warga Negara Indonesia (WNI).

“Selaku Anggota Komisi V DPR RI, tentu saya mengimbau agar seluruh arus masuk dan keluar negara yang merupakan domain dari Kementerian Perhubungan itu bisa dijaga dengan ketat. Bukan hanya berkaitan dengan WNA, namun juga warga kita,” ujar Rifqinizamy dalam saat diwawancarai Parlementaria, Senin (16/3/2020).

Rifqinizamy meminta Pemerintah Pusat juga diimbau agar melakukan langkah-langkah yang lebih maju dibandingkan dengan langkah-langkah yang telah dilakukan saat ini. Tak  hanya itu, ia juga mengingatkan jika ada WNI yang sudah memiliki indikasi terpapar mirip dengan Covid-19 maka harus bisa dideteksi sejak dini oleh setiap unit kesehatan yang tersedia di sarana-sarana transportasi umum seperti bandara, stasiun, dan pelabuhan.

“Kita ketahui, bahwa saat ini Pemerintah sudah berikhtiar dengan melakukan pengecekan suhu tubuh manusia. Tapi, perkembangan terkini berkaitan dengan Covid-19 bahwa suhu tubuh saja tidak cukup mengindikasikan. Maka, tiap unit kesehatan yang ada di masing-masing sarana transportasi umum harus bisa mendeteksi sejak dini apakah ada warga yang betul terpapar atau tidak,” tandas politisi Fraksi PDI- Perjuangan ini.

Karena itu, Rifqinizamy mengungkapkan Komisi V DPR RI mendorong Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan beserta BNPB/BASARNAS bisa mengambil langkah-langkah yang lebih tepat dan serius. Serta, kemudian berbagai macam hal yang bisa dilakukan bersama baik oleh jajaran Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota bisa dilaksanakan dengan segera.

“Komisi V DPR RI saya kira akan mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah. Oleh karena itu, kami optimis jika kita lakukan secara bersama-sama maka semua akan bisa kita tangani. Dan kepada pihak lain terutama masyarakat kami mengimbau agar tetap tenang dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan diri,” pungkas legislator daerah pemilihan Kalimantan Selatan tersebut. (pun/sf)

Sumber: http://www.dpr.go.id/berita/detail/id/28121/t/Rifqinizamy+Karyasuda+Imbau+Pemerintah+Perketat+Arus+Masuk-Keluar+Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.