PENGELOLAAN ALUR BARITO DAN PENDAPATAN DAERAH

@bang.rifqi.mrk PENGELOLAAN ALUR BARITO DAN PENDAPATAN DAERAH

Kemarin Saya diundang dalam Perayaan HUT Ke-18 PT Ambapers. Perusahaan gabungan yang sahamnya dimiliki oleh Perusda Bangun Banua dan PT.Pelindo.

Perusahaan yang selama ini melakukan pengelolaan dan pengerukan alur Sungai Barito. Kontribusinya pada Pendapatan Kalsel tak kecil. Tahun lalu lebih kurang Rp.50 Milyar disumbangkan ke APBD Kalsel 2021.

Sejak diberlakukannya UU Pelayaran tahun 2008, Konsesi Alur ini menjadi Kewenangan Pemerintah Pusat c.q Menteri Perhubungan. Kondisi ini memaksa PT.Ambhapers harus mendapatkan izin dimaksud, karena dasar hukum pengelolaan melalui Perda tak lagi sebangun dengan aturan yang ada.

Sampai dengan tahun 2020 lalu, proses pengajuan konsesinya tak kunjung ada kejelasan. Sebagai Anggota Komisi V @dpr_ri yang menjadi Mitra Kerja Kementerian Perhubungan kala itu, Saya mencoba memediasi PT.Ambhapers dengan Kemenhub agar proses penerbitan konsesinya dapat segera terbit.

Alhamdulillah, saat ini konsesi itu di depan mata. Kemenhub akan memberikan konsesi pada Ambhapers selama 20 tahun ke depan, terhitung tahun 2021 ini. Semoga ini menjadi berkah bagi Banua kita.

BersamaMRK #melayanirakyatkalsel #kalsellebihbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.