Reses Virtual, Cara Legislator DPR RI Serap Aspirasi di Tengah Pandemi Covid-19

ANGGOTA Komisi V DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda, punya cara unik untuk menampung aspirasi dari daerah pemilihannya yakni Kalimantan Selatan. Salah satunya, menggelar pertemuan virtual selama masa reses.

MENURUT Rifqi, langkah ini merupakan pilihan yang tepat untuk menyerap masukan dari konstituen di tengah Pandemi Covid-19, alih-alih harus turun ke lapangan.

“Ijtihad harus dilakukan untuk menghadirkan “the new normal” ini. Sebagai Anggota DPR RI, saya juga harus berijtihad akan hal ini” kata Rifqi yang juga politisi PDI-P tersebut.

Sebagai contoh, baru-baru tadi, Rifqi bercerita sudah melakukan reses virtual dengan Pemkab Barito Kuala (Batola) via Zoom. Untuk menampung masukan dari kabupaten tersebut. Dalam pertemuan virtual itu, ia juga mengundang seluruh kementerian yang menjadi mitra Komisi V DPR RI.

“Ada Kementerian PUPR, Perhubungan, dan Kemendes PDTT. Hadir para pejabat eselon I, II, dan III dari tiga kementerian tersebut,” kata dia.

Dalam pertemuan virtual tersebut, Rifqi menegaskan komitmen dan progres kerjanya. “Komitmen saya dan seluruh mitra kerja untuk Batola sangat besar dan serius. Di Kementerian PUPR saja, ada lebih dari Rp. 175 Milyar program infrastruktur yang berlokasi di Batola tahun 2020 ini. Hal ini belum lagi program-program di Kemenhub dan Kemendes” tegas Rifqi.

Reses ini juga dibuat Rifqi trasnparan kepada publik dengan menyiarkannya langsung melalui salah satu platform media sosialnya yang rekamannya masih terekam hingga saat ini.

“Inilah the new format anggota DPR RI yang kami hadirkan untuk Banua dan Indonesia” imbuh Rifqi diakhir pertemuan virtual ini.

Rifqi akan kembali menggelar reses virtual dengan Pemerintah Kabupaten Tapin, Balangan, Tabalong dan Kabupaten lain di dapil tempat ia terpilih dalam beberapa hari ke depan di masa reses anggota DPR RI saat ini.

Sumber: http://jejakrekam.com/2020/05/15/reses-virtual-cara-legislator-dpr-ri-serap-aspirasi-di-tengah-pandemi-covid-19/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.