RESMIKAN JEMBATAN & OVERPASS PERTAMA DENGAN DANA CSR DI POROS JALAN NASIONAL

Selaku Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kalimantan Selatan I, hari ini Saya mendampingi Mitra Kerja Saya, Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono meresmikan 1 Jembatan dan 3 Overpass di ruang jalan nasional Marabahan-Margasari di Kalimantan Selatan.

Jembatan dan Overpass tersebut merupakan yang pertama kali dibangun dengan dana sepenuhnya dari Perusahaan Swasta Nasional di ruas Jalan Negara dengan menggunakan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan-perusahaan dimaksud.

Sudah ada 3 overpass dan 1 jembatan yang berada di titik-titik perlintasan kendaraan pengangkut batu bara.

Keempat perusahaan tersebut yakni PT Talenta Bumi di KM 46,9, PT Binuang Mitra Bersama di KM 54, PT Hasnur International di KM 60, dan PT Antang Gunung Meratus di KM 61.9. “Selama saya jadi menteri baru pertama 1 kali saya resmikan sarana dan prasarana di jalan nasional oleh pengusaha melalui program CSR-nya. Biasanya pakai APBN atau KPBU. CSR ini biasanya hanya bagi-bagi sembako, tapi ini prasarana di ruas jalan nasional. Jadi ini program yang patut kita apresiasi dan bisa dijadikan model,” Ucap Mas Basuki, Panggilan Akrab saya ke Pak Menteri di Kabupaten Tapin, Kalsel, Sabtu 8 Pebruari 2020.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan sejak 2017 dengan total biaya pembangunan sebesar Rp 189 miliar. Total panjang pembangunan overpass dan jembatan sepanjang 1,507 meter meliputi overpass PT Talenta Bumi sepanjang 393,3 meter, overpass PT Binuang Mitra Bersama sepanjang 364,51 meter, overpass PT Hasnur Jaya International sepanjang 357,12 meter, dan jembatan PT Antang Gunung Meratus sepanjang 329,8 meter.

Di pihak lain, Saya menyatakan bahwa model keterlibatan swasta dalam pembangunan infrastruktur seperti yang ada di Kalsel ini bisa dijadikan model di daerah lain.

Pemerintah juga perlu memikirkan insentif kebijakan bagi pihak swasta yang mau membangun infrastruktur di jalan nasional, seperti adanya insentif pajak atau lainnya.

Hadir pula dalam peresmian ini Dirjen Bina Marga dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Bupati Tapin serta Para Direksi Keempat Perusahaan dimaksud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.