Visi Misi August Mellaz dan Betty Idris Sebagai Calon Anggota KPU

Jakarta: Komisi II DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027. Sebanyak dua calon telah memaparkan visi dan misinya.

Calon pertama ialah August Mellaz yang pernah menjadi anggota Bawaslu daerah. August memiliki visi mewujudkan Pemilu 2024 berintegritas melalui pemilu berpartisipatif. 

Calon kedua yang selesai memaparkan visi misnya ialah Betty Epsilon Idris. Betty yang merupakan Ketua KPU DKI Jakarta fokus memaparkan strategi menghadapi krisis Pemilu 2024.

Komisi II DPR maraton menggelar fit and proper test mulai hari ini. Sesi pertama telah dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Sesi kedua dimulai pada pukul 13.00 hingga 18.00 WIB dan dilanjutkan dengan sesi ketiga pada pukul 19.00 WIB.

Total 10 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu satu persatu diuji kelayakan hingga Rabu, 16 Februari 2024. Setelahnya, Komisi II DPR RI akan menggelar rapat pleno untuk menentukan 7 nama anggota KPU dan 5 nama anggota Bawaslu terpilih untuk masa kerja 2022-2027.

“Sehingga pada Rabu malam kita bisa memutuskan siapa anggota resmi KPU dan Bawaslu periode 2022-2027,” ujar anggota Komisi II DPR RI Rifqi Karsayuda dalam tayangan Headline News di Metro TV pada Senin, 14 Februari 2022.

Komisi II DPR berharap sosok yang paling pantas akan terpilih. Dewan berusaha mencari pemimpin lembaga penyelenggara dan pengawas pemilu yang berintegritas. Berdasarkan proses yang telah berjalan, sejumlah hal didalami anggota Komisi II DPR. Pertama, isu kepemiluan dan pemahaman calon terhadap isu tersebut. Isu lain yang disorot ialah fenomena meninggalkan 800 petugas KPU pada Pemilu 2019, cara meningkatkan partisipasi masyarakat, serta keterpilihan perempuan. (Leres Anbara) (https://www.medcom.id/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.