Bantu Pembangunan BUMDes di Kalsel, Kemendes Akan Berdayakan Masjid

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi V DPR RI bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencanangkan program bantuan dana hibah pembangunan BUMDes di seluruh desa di Kalimantan Selatan pada 2021 mendatang.

“Di mana Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memiliki program usaha membangun BUMDes. Nilainya pada tahun pertama sekitar Rp50 juta per desa,” ucap Anggota Komisi V DPR RI Rifqinizamy Karsayuda kepada apahabar.com.

Apalagi program itu berhasil, maka akan dilanjutkan pada tahun berikutnya. Pastinya dengan anggaran yang lebih besar yakni sebesar Rp250 juta per desa.

Di Kalsel sendiri, sambung dia, program pembangunan BUMDes ini akan dimodifikasi dengan memberdayakan setiap masjid di ruas jalan utama.

“Tahun ini akan kita dilakukan pemetaan terlebih dahulu. Selanjutnya, akan di-running tahun depan,” bebernya.

Setiap masyarakat yang singgah di masjid, tambah dia, tak hanya untuk shalat dan istirahat. Namun juga bisa belanja di sana.

“Masjid dari mana dapat modalnya? Ya dari kerja sama dengan BUMDes. Jadi tempat di masjid, tapi usahanya milik desa,” cetusnya.

Adapun target awal akan dibangun 30 BUMDes se-Kalsel. Di antaranya di ruas jalan Hulu Sungai 20 BUMDes dan pesisir 10 BUMDes.

“Kalau program ini bagus, saya yakin akan menjadi Pilot Project se-Indonesia,” pungkasnya.

Sumber: https://apahabar.com/2020/02/bantu-pembangunan-bumdes-di-kalsel-kemendes-akan-berdayakan-masjid/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.