Jembatan Alalak Dibuka, Rifqinizamy Karsayuda Apresiasi Perhatian Presiden Untuk Masyarakat Banua

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Anggota DPR RI Dapil Kalsel, M. Rifqinizamy Karsayuda menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono atas dibukanya akses Jembatan Alalak di Banjarmasin, Kalsel untuk masyarakat, Minggu (26/9/2021).

“Saya mengucapkan apresiasi atas sikap Presiden yang responsif atas masukan masyarakat Kalsel,” kata Rifqi kepada Banjarmasinpost.co.id. 

Ia sendiri mendapat kabar ini dari Bapak Menteri PUPR, dimana beliau bertemu dengan Presiden dan menyampaikan juga persoalan ini.

“Sikap yang sama dari Kementerian PUPR juga sebagaimana pers rilis resmi dari Istana akan segera membuka Jembatan Alalak,” lanjutnya.

Meski akses jembatan yang menghubungkan antara Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di Provinsi Kalsel ini sudah dibuka, namun Ia berharap hal ini ditanggapi bijak oleh masyarakat di Banua. 

Pasalnya kata dia, pembukaan jembatan tersebut masih bersifat uji coba. 

“Kita tentu berharap proses pembukaan ini tidak disikapi dengan gegap gempita dan masyarakat kemudian berbondong-bondong ke sana. Karena harus kita ingat juga saat ini jembatan Alalak ini masih uji coba,” terangnya. 

Kepada pihak terkait, dalam hal ini Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Kalsel, Pemerintah Daerah dan Kepolisian diharapkan Rifqi dapat berkoordinasi dengan baik dalam pengaturan uji coba Jembatan Sei Alalak. 

Diketahui sebelumnya, Rifqi juga sempat menyinggung adanya dinamika yang terjadi di Banua terkait Jembatan Alalak saat Ia berbincang dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono, Jumat (24/9/2021).

Menggambarkan secara objektif perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat Banua, Rifqi juga sempat meminta kepada Menteri Basuki untuk segera membuka akses Jembatan Sei Alalak untuk masyarakat umum tanpa menunggu seremonial peresmian yang tentu membutuhkan waktu persiapan tersendiri. 

Rupanya hal ini akhirnya sampai dan menjadi pertimbangan oleh Presiden hingga berujung adanya perintah pembukaan Jembatan Sei Alalak. 

Hal ini disampaikan melalui Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono kepada Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (26/9/2021). “Benar, Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata Heru dalam rilis yang juga diterima Banjarmasinpost.co.id, Minggu (26/9/2021).

Sumber: https://banjarmasin.tribunnews.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.